contoh jenis-jenis macam kutipan

MACAM-MACAM KUTIPAN
Terdapat beberapa jenis kutipan yaitu :

1. Kutipan langsung (direct quotation) adalah kutipan hasil penelitian, hasil karya, atau pendapat orang lain yang penyajiannya sama persis dengan teks aslinya (yang dikutip). Dalam merujuk sumber kutipan di teks utama, sebutkan referensinya dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, dan nomor halamannya. Kutipan langsung dibagi menjadi 2 yaitu :
- Kutipan langsung panjang adalah kutipan langsung yang panjangnya lebih dari tiga baris (empat baris ke atas)
- Kutipan langsung pendek adalah kutipan langsung yang terdiri dari tiga baris atau kurang
Contoh kutipan langsung :
Menurut Miriam Budiardjo (1992:4-5), dalam pemilu yang menggunakan sistem distrik: negara dibagi dalam sejumlah besar distrik pemilihan (kecil) yang kira-kira sama jumlah penduduknya. Jumlah penduduk distrik berbeda dari satu negara ke negara lain, misalnya di Inggris  jumlah penduduknya kira-kira 500.000 orang dan India lebih dari 1 juta orang. Karena satu distrik hanya berhak atas satu wakil, maka calon yang memperoleh suara pluralitas (suara terbanyak) dalam distriknya menang.

2. Kutipan tidak langsung (indirect quotation) merupakan kutipan yang diambil dari salah satu sumber dengan menggunakan gaya bahasa dan penyajian ala penulis. Kutipan tidak langsung dibagi menjadi 2 yaitu :
- Kutipan tidak langsung panjang adalah kutipan langsung yang panjangnya lebih dari tiga baris (empat baris ke atas)
- Kutipan tidak langsung pendek adalah kutipan langsung yang terdiri dari tiga baris atau kurang
Contoh kutipan tidak langsung :
Pertama-tama harus dibedakan dahulu atara kata ‘aksen’ dan ‘tekanan’. Dalam tata istilah ilmu bahasa ‘aksen’ tidak sama dengan ‘tekanan’. Aksen lebih luas maknanya daripada tekanan. Tata aksen dalam suatu bahasa memperbedakan suku-suku kata (yang sama bentuk foneiksegmentalnya) dengan jalan titinada, kontur lagu, jangka bunyi, dan tekanan. Dengan kata lain, tekanan itu hanya satu bagian dari kata aksen, di samping unsur titinada, kontur dan jangka. 

Nama    : Aldi amirul akbar
Kelas    : 3KA34
Npm      : 10112570

Sumber    : http://mydianutarie.blogspot.com/2014/11/tugas-softskill-macam-macam-pengumpulan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

K-On Mio Akiyama